Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Jumat, 18 Desember 2015

Pertanian Organik : miss u

Lembur tadi malem untuk bikin bahan presentasi ngajar, mengingatkan keinginan terpendam. Yup, saya dminta ngajar tentang pertanian organik. Tadinya saya menolak krn ada tugas lain, tetapi syukurlah tugas tsb tdk jadi, ya jadi deh ngajar..

Sebenarnya saya sdh punya materinya, tp itu dibuat sblm sy banyak ikut training organik, jd dsesuaikan. Penyesuaian itu selain materi juga foto2 bagaimana penerapan organik di sweden, thai, n malay.. milih2 foto.. duh, jadi kangen temen2 organik saya, persahabatannya, n tentu jalan2nya.. hihi..


Rada sentimentil memang. Salah satu yang membuka wawasan saya untuk berubah menjadi seperti saat ini. Yang semula cmn mikir lokal2 saja, pengen suatu saat jd someone di kancah internasional.. *klu msh di ktr sekarang kyknya susah deh* hmhm.. Merubah, at least, cara pandang saya utk lebih terbuka. Dan mengingatkan  keinginan terpendam punya usaha organik sendiri.. duh... entah kapan. Mudah2n cabang bisnis kedua yg akan sy tekuni ini bisa merambat ke organik deh.. ngarep bener nih. Bukan kemaruk ya. Tapi rasa2nya sayang aja, udah py byk senjata, tp ga dtembak2in. Sudah punya byk ilmu, wawasan, koneksi, jaringan, tapi belum punya kesempatan untuk terjun.. jadi mupeng aja setiap ada yg terjun di organik..

Taraaaa, akhirnya ngajar di cisarua. Nostalgia dulu.. Dulu, tahun 2000an saya pernah penelitian organik disana, dbantu ppl nya yang ternyata sdh meninggal dunia. So sad.. Panitianya, ternyata temen2 horti propinsi yg sudah berkali2 ngundang sy ngajar..
Dan pesertanya, cukup menarik.. Alhamdulillah, muda2 n cukup energik. Cukup berwawasan pula, jadi ga sulit ngarahinnya untuk bergabung menjadi gapoktan organik.

Cisarua, memang dekat dg saya. Tapi, saya jarang gaul dg mereka. Iiih sayang banget. Maklum, program kementan lebih mengarah yg strategis. Jd yg organik2 begini minoritas. Jadi niat, kapan2 saya mo main secara personal aja. Mereka cukup asyik kok diajak diskusi. Dan, ga usah dminta deh, mereka sudah pro aktif meminta sy main ke kebunnya.. Alhamdulillah, jadi nambah temen...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar