Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Senin, 19 April 2010

Mengabdi kpd negara? Belajar dari Thailand

Ada 2 kesan di awal mengenal Thailand :
1. Saat kami training di daerah Eropa, teman dari Thailand menggunakan gelang kuning, yang konon menggambarkan rasa cintanya kepada rajanya.. Duh, segitunya.. batin saya. Abis beliau ini kan cowok, sampe repot2 pake gelang sgala utk menunjukkan cintanya kepada rajanya.. ga lebay kah?
2. Saat saya datang pertama kali ke Bangkok (tidak hanya sekedar transit), mudah ditemukan foto raja Thailand di setiap jalan. Hal ini mengingatkan saya kondisi Indonesia saat pilkada/pilpres dimana foto para calon yang bertebaran di jalan.
Tapi ini berbeda, karena semua foto raja terpampang rapi.. Makanya sempat saya bertanya kepada teman Thailand saya, apakah foto raja dipajang secara iklas, atau dibayar? hehe.. pertanyaan penasaran keluar juga dari mulut saya.. Jawabannya? because we love our king.. Ooow..

Dan semua pertanyaan saya terjawab saat saya mengunjungi salah satu proyek kerajaan berupa organic farming.. Proyek tersebut merupakan salah satu proyek dari 3ribu proyek raja.. Proyek ini antara lain :
1. Produksi sayuran organik terutama di dataran tinggi. Salah satunya berhasil mengubah lahan ganja menjadi sayuran organik, bahkan diundang ke negara lain yang memiliki masalah lahan ganja
2. Penanganan pasca panen organik.
3. Produksi pupuk organik dengan biodekomposer buatan sendiri. Ada beberapa pilihan pupuk organik dengan Nitrogen rendah dan tinggi.
4. Pengolahan limbah organik kota. Dengan cacing tanah, semua limbah organik beres..
Duh, seneng banget ngeliat proyek raja ini, semuanya bermanfaat bagi rakyat..
saat produk2 dan hasil2 diseminasi kami minta, jawabannya : untuk rakyat Thailand gratis, karena kami bekerja untuk rakyat dan we love our king..
Duh.. segitunya..

Setelah itu, saya ga heran lagi..
bila di sisi2 jalan, banyak yang bersembahyang khusus untuk mendoakan rajanya..
atau dalam beberapa aktivitas, kami diingatkan untuk tidak membelakangi foto raja, seperti saat kami tidur.. arah kepala tidak boleh membelakangi foto raja..

Saat saya tanya beberapa teman negara lain tentang kesan rajanya masing2, hehe.. samalah dengan saya.. salut dengan raja Thailand yang sangat mendukung pertanian..
Beliau sangat mendukung kemajuan pertanian, termasuk ekspor, sehingga produk pertanian Thaland dikenal seluruh dunia..

Kalau Indonesia?
Jawab sendiri ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar