Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Senin, 05 Juli 2010

Perkenalanku dengan kentang


11 tahun yang lalu, saya kenal nanem kentang.. Tapi mungkin baru kulit luarnya saja saya tahu.
Waktu itu, penelitian kentang saya adalah penggunaan agensia hayati dan pestisida nabati. Alhamdullilah dah terbit tulisan saya tentang topik tersebut.
Alhamdullilah juga, hasil panen cukup lumayan..

Karena merasa berhasil, saya sebagai anak baru lulus merasa kepengen ikutan bisnis pun nyoba nanem kentang.. ceritanya sih, usaha sendiri berbisnis.. Modalnya, selain dari kantong sendiri, juga dari sodara saya..

Hasilnya?
RUgi boo..
Udah hasilnya dikit karena terserang penyakit Phytopthora juga harganya lagi jatuh..
Aduh, apes banget deh..
Saya harus ngembaliin uang sodara saya dengan nyicil dari gaji saya (meskipun ga sampe lunas bener), duit tabungan saya amblas, dan
wah, perjuangan banget tuh ngejualin kentang ke temen2 kantor biar harganya agak mendingan dikit..
Dari panen, ngebersihin, nimbang, dan mlastikin sendiri..
Udah gitu, masih ditawar ama temen lagi.. Sesek banget tuh dada.. harga dah mepet gini, masih ditawar..
Jadi teringat klu lagi nawar sayur di pasar nih... kualat kale...

Pengalaman pait tersebut, bikin saya kapok untuk usaha nanem2 gitu..
KLu ada yang ngajakin bisnis nanem2 gitu, saya tolak..
Rasa2nya meskipun saya punya ilmunya, faktor diluar ilmu saya lebih berpengaruh. Ya iklim, tenaga kerja, dll
Dalam hati sih, hebatan petani. Meskipun ga punya ilmu, tapi berani nekat berspekulasi seperti itu.. Habis, namanya juga petani, klu ga nanem, mereka mo ngapain lagi.. hehe..
dari sisi lain, waktu itu saya berfikir.. emang rejekinya kantoran, ya udah ngantor aja.. jangan ambil rezekinya petani dengan coba2 kaya dengan nanem ... hehe mutung neh..

Setelah itu, saya lebih tertarik bisnis jualan.. Bagi saya waktu itu, resikonya lebih kecil.. harga tidak berfluktuasi, bisa disimpan atau dikembalikan...

1 komentar:

  1. KALO SAYA MAU BELI KENTANGNYA LOKASI DIMANA BOGORNYA? TOLONG BALAS KE EMAIL SAYA, benjoyo402@yahoo.co.id

    BalasHapus