Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Kamis, 31 Maret 2011

Manipulasi data

Beberapa hari lalu, saya dihubungi kantor. Ada pejabat konfirmasi tentang bahan seminar yang pernah saya buat dulu.. Oow...

Flash back...
dulu setelah selesai S2, senior saya ngajak diskusi, bahwa dia disuruh presentasi tentang suatu produk dan bingung gimana menampilkannya. Dia bilang, dia sudah bikin percobaan mendadak tentang produk tersebut. Saya disuruh liat dan membuat power point-nya..
Hmhm.. boleh lah..

Saat saya mau ambil foto-nya, saya melihat banyak kejanggalan.. Dalam arti, percobaan ini tidak mengikuti aturan rancangan percobaan yang seharusnya. Saya ungkapkan, saya keberatan menampilkannya.. Namun saat itu, kata senior saya, ga papa lah, ini hanya untuk performance saja, jadi tidak menganut rancangan percobaan tidak papa..
Agak ga sreg lah.. Tapi saya bikinkan juga.. Karena percobaan kecil tersebut, hanya salah satu bagian dari penelitian besar. Saya anggap hanya asesoris kecil lah, maksudnya, hanya pendukung saja dari penelitian besar..

Oke lah klu begitu, saya buatkan, yang menurut saya cukup bagus.. hehe..
Berikut in English, karena ini presentasi internasional..
Dengan catatan, bahan presentasi adalah power point tanpa makalah lengkap. Selain itu saya ga diajak ke seminar tersebut, jadi tentu saya ga ngerti kelanjutannya dan bagaimana tanggapan audiens. Saya lupakan saja..

Waktu dikonfirmasi tentang penelitian produk tersebut, yang terjadi sekitar 5 tahun lalu.. Agak ngahuleung juga neh.. Waduh.. Mana yang tanya pejabat lagi.. eselon 1..
Bukannya kenapa2..
Selain tidak memenuhi rancangan percobaan, ternyata uji yang dilakukan adalah salah. Itu saya ketahui setelah saya kuliah benih sekarang ini. Jujur sih, saya merasa ga bertanggung jawab dengan isi percobaan karena percobaan dilaksanakan tanpa sepengetahuan saya dan saya membuat power point setelah percobaan selesai. Saat itu pun saya sudah keberatan membuatkan power point-nya..
Hmhm.. rupanya jadi pelajaran deh buat saya untuk tidak mau lagi membuatkan percobaan aneh !!!

Sepertinya si pejabat ini punya proyek khusus tentang produk ini deh..
Pas saya mengatakan pengujian kami salah, dia agak sewot. Kok bisa produk yang sudah dipresentasikan tingkat internasional ternyata salah..
Ealah.. bos, klu emang salah mo gimana lagi..
Masak saya harus manipulate.. Kalau bisa aja sih, ajarin deh.. (Gondok.com) emang gampang apa ngarang data?..
Terpaksa deh.. beliau mengalah dan bilang "akan saya laporkan kepada bos besar kamu"..
Oow.. ngancem nih...
Bodo ah..

Soal manipulate data, mungkin ini sudah yang kedua kali saya disuruh demikian. Dulu, pernah saya disuruh begitu. Tapi karena yang nyuruh hanya investor swasta, mudah bagi saya untuk menolak..
Kali ini, saya harus menolak keinginan pejabat besar..
Punten pisan bos.. KAGAK BISAAAA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar