Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Senin, 24 Oktober 2011

Uji Lanjut Statistik dan kesombongan

Beberapa minggu lalu, saya ikut seminar hasil penelitian tumbuhan. Bagus penelitiannya. Menguji beberapa isolat yang dapat menghambat penyakit hawar daun padi. Dan emang bener, dosen seminar tidak mencacat makalah seminar, hanya sedikit koreksi.
Dari sisi presentasi, juga lumayan menurut saya.. Baik power point-nya maupun performance-nya.. Cukup pede lah..

Waktu sekilas membaca hasil penelitiannya, hmhm sayang... Sebenarnya, pembahasannya sederhana saja. Kurang membahas kenapa satu perlakuan lebih baik daripada yang lain. Tapi saya fikir wajarlah karena dia anak S2.Tidak ada data analisis pendukung lain.

Sering bila terjadi beda nyata dengan analisis ragam (ANOVA), langsung kita menguji dengan uji lanjut Duncan atau dikenal dengan DMRT.
Bila terdapat kontrol, seharusnya jangan menggunakan uji lanjut DMRT karena uji ini menganggap semua perlakuan adalah sama. Bila menggunakan kontrol, yang artinya diharapkan perlakuan lain bisa berbeda (lebih tinggi/rendah) dengan kontrol, seharusnya menggunakan uji lain bisa LSD, kontras ortogonal..
Tentu ga fair bila semua diperlakukan sama..

Contoh :
Pake DMRT ==> Perlakuan : Pupuk A, Pupuk B, Pupuk C, Pupuk D
Pake kontras ortogonal ==> Perlakuan : kontrol, Pupuk A, Pupuk B, Pupuk C, Pupuk D
Disini :
Kontrol vs pupuk A, pupuk B, pupuk C, pupuk D
Pupuk A, Pupuk B (hasil naik) vs Pupuk C, Pupuk D (hasil menurun)
Pupuk A vs pupuk B
Pupuk C vs Pupuk D

Selain itu bila pengujian dosis,sebaiknya juga jangan gunakan uji lanjut DMRT karena perlakuan dosis adalah perlakuan kuantitatif. Gunakanlah regresi agar diperoleh kecendrungannya. Bisa linier atau kuadratik. Dan bila kuadratik, bisa dicara titik optimum. X maks = -b/2a


Namun rupanya, yang presentasi cukup pede sekali. Di saat dosen seminar bertanya apakah dia tau seperti apa uji kontras, dengan yakin sekali dia menjawab tau..
Hehe kalau tau, tentu dia tidak akan menguji dengan DMRT lah..
Rupanya, cukup tinggi hati juga untuk mengakui kekurangannya..
Kebetulan saya lagi males berdebat.. Mungkin suatu saat dia akan malu setelah mengetahui perbedaan berbagai uji lanjut..

Kenapa saya bilang begitu? Hehe.. Kurang lebih, saya pun pernah seperti presenter itu..
Merasa lebih tahu, ternyata ada banyak hal yang belum saya ketahui..
Dan di saat saya tau ada hal yang belum saya ketahui, hehe saya jadi malu..
Bener lah pepatah itu.. diatas langit masih ada langit...

4 komentar:

  1. terimksih, saya sngat stuju soalnya msih bnyak orng yg mrsa benar pdahal sngat salah.... saya ngalamin brtemu orang sprti tu.. smga bisa jdi orng2 yg tidak puas cpt puas mncri ilmu yg "bnar"

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sudah mampir..
      memang begiitulah adanya.. paling parah, liat TV tuh.. banyak narasumber talkshow yang bukan pakarnya.. aneh ato emang sengaja dibikin rame oleh tv nya kali, biar ada bahan untuk bikin acara

      Hapus
  2. Wah,,pas sekali dg info yang ingin saya cari..
    trimakasih..

    oh ya..kalau menguji beberpa konsentrasi yang efektif, sebaiknya pakai apa y?

    BalasHapus