Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Rabu, 14 Maret 2012

Idealisme Petani Organik

Bebebrapa hari lalu, saya survei produsen beras organik. Syukurlah punya teman inspektor organik, jadi saya nanya ke dia, siapa saja produsen beras organik, yang sudah punya sertifikat organik. Karena ada acara keluarga ke Jawa Timur, saya ngincer daerah Malang..
Sebagian besar produsen beras organik di dataran sedang-tinggi, sepertinya berkaitan dengan masalah kontaminasi. Yup, air irigasi lebih mudah diatur agar tidak terkontaminasi dengan lahan non organik..

Salut bener saya dengan petani organik di Malang..
Yup, saya ditolak membeli produknya karena dia sudah mempunyai pasar sendiri. Padahal, bisa saja saya membeli produknya lebih mahal. Blas, dia ga nanya harga penawaran dari saya. Rupanya dia cukup loyal dengan pelanggannya. Dengan semakin tingginya harga beras, dia pun tidak berniat meningkatkan harga beras organiknya. Hal ini karena beras organik tidak hanya berkaitan dengan bisnis, tetapi bagaimana menyediakan produk yang sehat..
Wuiih salut deh.. ada petani yang ga keblinger dengan duit....

Saat saya tanya adakah petani lain yang berpotensi menjadi produsen organik..
Ada, mereka sudah organik, tapi lahannya terkontaminasi dengan air irigasi non organik. Awalnya Dia tidak menyarankan kelompok tersebut, karena tidak mau menipu organik padahal terkontaminasi. Bagi saya yang penting, kelompok tersebut mau untuk menjadi organik yang bersertifikat, ga masalah. Masalah kontaminasi dapat diatasi dengan beberapa treatment fisik atau biologi, meski perlu dikaji dulu..
Hingga nanti bila ada pertemuan rutin musiman, saya harus datang kembali..

1 komentar:

  1. mohon maaf utk yg barusan komentar, mhn komentar ulang krn ga sengaja kehapus. maaf

    BalasHapus