Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Sabtu, 11 Agustus 2012

Repotnya aeroponik kentang dibandingkan konvensional

Kalau saya ditanya, apakah aeroponik benar berprospek digunakan untuk perbanyakan benih kentang? Hoho.. optimis donk.. Ini sekalian untuk menjawab fenomena beberapa praktisi aeroponik kentang yang gagal, hopeless, and so on.. Ga tanggung2 lho yang gagal. Ada yang ahli, sedang, atopun petani biasa.. Akhirnya mereka kembali ke konvensional dimana jumlah panen umbi hanya sekitar 3-5 saja..

Tidak dipungkiri.. Kendala utama aeroponik adalah begitu mudahnya tersebar penyakit sistemik ke seluruh populasi tanaman. Bisa ludes des.. Bisa gigit jari karena benih G0 harus benar2 bebas penyakit.. Tentu diperlukan trik2 agar tanaman dan lingkungan bener2 steril..

Selain masalah penyakit, ini mah menurut saya, praktisi aeroponik harus benar2 paham fisiologi tanaman kentang. Kenapa begitu? Karena kentang tumbuh di media buatan, yang fragile, salah sedikit saja bisa mati tuh tanaman. Misalnya aja salah nutrisi, bisa tewas semua. Beda bila kita nanam di tanah. Media tanah cukup stabil mendapat berbagai stres lingkungan. Salah ngasih pupuk, tanaman di tanah relatif masih bisa bertahan dibandingkan di aeroponik..

Apalagi cuaca saat ini, puanasssnya minta ampun.. Suhu di dalam screen dan dalam bak aeroponik bisa fantastis.. Tentu diperlukan trik2 buat ngakalinnya.. Jadi tambah repot dah..
Klu tanaman di tanah kepanasan kayak begini mah masih aman dah.. 

Jangan dikira saya ga pernah ceroboh lho ya.. Pernah lupa ga ngidupin lagi sprinkler setelah pengecekan sprinkler, akibatnya tanaman layu. Pernah ga sengaja ngasih EC nutrisi kebanyakan, akibatnya pertumbuhan stagnant.. dst dst deh.. Honestly, saya juga pontang panting gimana caranya biar hasil aeroponik saya terus meningkat. Selain untuk disertasi saya, tentu buat segenggam berlian .. hehe.. Cara termudahnya adalah saya berusaha terlibat langsung. Itung2, sebelum balik ngantor lagi lah..

Emang lebih repot sih, tapi Insya Allah, hasilnya lebih banyak..
Dimana2 juga, yang lebih repot, lebih menguntungkan..
Semangadddd :)) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar