Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Rabu, 13 Februari 2013

Social Entreprenur : Oleh2 Pesta Wirausaha (4)

Ada satu benang merah antara semua pembicara yang menjadi entreprenuer waktu seminar pada Pesta Wirausaha 2013 kemarin. Meskipun ada yang berangkat dari entreprenuer yang sudah kaya, tetapi lebih banyak yang masih prihatin dulunya..
Apa tuh benang merahnya? Yup, kemauan untuk berbagi, bersedekah, saling membantu..

Di antara heboh bisnis mereka, di akhir presentasi, dikemukakan berbagai kegiatan sosial mereka. Bukan bermaksud sombong saya rasa, tetapi untuk mengingatkan kami, agar jangan lupa sisi sosialnya untuk berbagi. Ada yang sedekah rombongannya @Saptuari untuk membantu mereka2 yang dicoba dengan berbagai penyakit parah, ada yang membantu pelatihan wirausaha yang tidak mampu @Jay Teroris.. Ada juga yang membuat gerakan2 sosial seperti Happy trenggono dengan Beli Indonesia, juga Rhenald Kasali, Sandiago Uno, Ust Yusuf Mansyur..

Hmhm..
Andai kita semua sadar bahwa sebagian income kita adalah rezeki orang lain.. Insya Allah deh, Indonesia semakin maju.. Hmhm.. Indahnya berbagi..


Mungkin himbauan berbagi sudah banyak didengungkan, tetapi ada hal lain yang menarik menurut saya dari semua pembicara tentang himbauan berbagi..
Rata2 pembicara yang punya kegiatan sosial memiliki multi bisnis. Dugaan saya, dari sekian banyak bisnisnya, ada bisnisnya yang non profit, yang bersifat sosial..


Soal multi bisnis, saya emang pengen punya banyak bisnis. Bukan greedy, kemaruk, tapi bisnis sebaiknya ada beberapa jenis. Bisnis profit, semi profit, dan non profit.

Bisnis profit merupakan bisnis utama kita. Tentu kita akan mencari keuntungan besar sesuai dengan bidang keahlian kita. Nah, yang semi profit merupakan bisnis untuk membantu usaha pihak lain, UKM misalnya. Dan non profit lebih kepada membantu siapapun yang perlu dibantu..

Karena saya orang pertanian, tentu dong, bisnis utama saya seputar pertanian. Tidak hanya benih kentang, perlahan menapak bisnis pertanian lain, Insya Allah sedang merintis organic food.
Bisnis semi profitnya masih di angan2, nunggu jadi Doktor dulu, takut ga lulus2.. hehe.. Nah, soal bisnis non profit, mungkin karena background saya dari sisi akademis, pengen nantinya ikut punya peran di sisi pendidikan..
Doain ya..
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar