Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Rabu, 20 Maret 2013

Speak English ? Belagu Lu

Dulu waktu memasuki SMP, saya getol banget ngapalin vocab English baru. Bahkan, baru diajarin dikit di sekolah, saya udah ngapalin lebih banyak.. Kenapa? Karena suka aja.. Sampe2 lagu2 English pun diapalin.. Hehe.. Right Here Waiting for You, Shoulder to Cry on..
Selanjutnya, saya minta diikutin kursus English sama ortu. Kayaknya, saya sudah nyobain semua Lembaga Kursus English di kota saya deh.. Hehe.. Yup, saya ga telaten nunggu naik kelas, jadi bosan deh *jangan ditiru ya* Dan emang dasarnya saya bandel, pengen nyoba2 berbagai jenis lembaga kursus *maklum, masih anak2 lah*

Syukurlah, English saya jadi ga jelek2 amat.. Pas saya kerja, lumayan kepake, bantuin teman2 ngedit English abstract-nya. Pas, S2 juga kepake, terutama writingnya untuk memahami jurnal2 Internasionalnya..

Dulu, ada niat, cita2 pengen post graduate saya ke luar negeri. Tapi sayang, karena masalah kesehatan, saya ga berani.. Akhirnya, saya telan deh keinginan itu.. Juga ga ada niatan untuk ngebagusin English saya, karena sudah merasa cukup. Toh, mo buat apa, sekolah juga hanya di dalam negeri ini...
Sampai suatu saat dapat kesempatan training keluar negeri. Kayak mimpi aja..

Lewat training ini, membuka wawasan saya tentang dunia internasional. Kebetulan pas training itu, berkumpul teman2 se-Asia, juga dari Eropa.. Hmhm.. Ada sedikit yang menyesakkan hati saya.. Yup, My Broken English.. Meskipun dah biasa writing English dan conversation yang ringan2 saja, tapi karena jarang practice, English saya parah bangets *menurut saya*. Apalagi klu diajak debat, enggak deh... Jadi kebanyakan mengalah klu diajak debat..
Contohnya, pas ditanya warna bintil akar kacang2an apa? Audiens ga ada yang jawab. Pas saya jawab, pink. Kenapa? Hehe, mo ngejelasin susah dalam English, so nyengir deh..
Juga saat berbagai forum diskusi, hufff, kesel bangets ga bisa menyanggah, mendebat.. *coba klu ngomong bahasa Indo, pasti udah dibabat abis deh* Apalagi ada teman dari Filipina, orangnya pinter, masih muda lagi. Luwes banget ngomongnya.. Duh... Grgrgr..

Pengalaman dari training tersebut, saya coba perbaiki English saya. Baca2 buku, jurnal English.  Langganan TV kabel. Banyakin nonton film, acara English. Kalau nonton film English, berusaha ga baca translation-nya. Kalau pun baca, cuman buat nyocokin aja. Nyimak pula antara listening dan writingnya.. Mengulang2 idiom2 yang sering disebut2.. Paling seru nonton NGC, BBC, dan AFC.. Selain pengetahuan dapat, belajar English juga dapat..
Masalah conversation gimana? Hubby deh yang jadi sasaran. Cuek aja practice. Kalau pun salah, paling juga diledekin.. hehe.. Nah, terkadang, practice antara saya dan hubby, suka ga sengaja kebawa pas ngobrol ama teman2...

Belagu kah saya ? Sok English?
Tiba2 kok jadi kepikir begitu saat baca artikel di kompasiana. Banyak anak jaman sekarang, sok English, sampai lupa pake bahasa Indo.. Ga cinta bahasa Indonesia *melanggar sumpah pemuda nih*
Ga memungkiri, emang ada sih oknum yang sok English buat gaya-gayaan.. Kadang2 juga sebel ngeliatnya.. :(
 
But, for me, I don't care..
Saya ga peduli dibilang belagu *kalaupun dibilang belagu ya* hehe
Kenapa? Karena saya yang pernah merasakan ga enaknya ga bisa ngomong, speak fluently, debat in English.. Kalau dulu, saat saya ga punya niat go Internasional *ciecie*, saya mungkin juga ga akan peduli dengan my Broken English..
But, boleh dong, saya punya niatan go Internasional.. *Amiin YRA*..
Entah nantinya jadi ahli kentang kek, ahli pertanian kek.. atau ga usah jadi ahli lah, tapi bisa bebas jalan2 keluar negeri, liat2 pertanian negara2 lain.. boleh dong.. *abis udah nge-list beberapa negara inceran yang pengen saya kunjungi selanjutnya :)*

Toh, kalau nantinya saya go internasional, pasti nantinya ditanya, Where do you come from? Indonesia dongggggg.. Bangga lah, *biar Indonesia ga hanya dikenal TKI-nya aja ato dikenal silent guest diberbagai international meeting*
So masihkan saya dibilang ga cinta Indo?
  
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar