Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Senin, 24 Maret 2014

Iseng tentang Pembelajaran

Awalnya, boleh dibilang saya cukup meremehkan salah satu program pemanfaatan pekarangan. Serasa turun derajad, biasa membina kelompoktani atau malah gapoktan, lha kok sekarang bina ibu2 rumah tangga. biasanya sih, mbina ibu2 wanita tani gitu, itupun hanya sbg pendukung saja. Ga seru, ga ada tantangannya.. Gitulah kira2 awal2 kembali kerja..  Namanya juga pasukan, dilakoni juga deh, untuk kabupaten wilayah saya..

Mengamati, merhatiin.. Saya penasaran terhadap satu hal. Kebetulan dari 5 kelompok, punya karakter beda2. Saya curiga, mana sih yang lebih penting, kekompakan pengurus atau kekompakan anggota kelompok wanita tani tsb? Aha.. ternyata saya salah, bukan itu penyebabnya.. Rupanya pendorong majunya suatu kelompok ditentukan tingkat swadaya anggota dan pemasaran produk. Mo pengurusnya ok, kalau ogah ngeluarin duit sendiri, ya, tunggu aja program ini berakhir, pasti deh bubar.. Nah, pemasaran produk yg lancar, hehe langgeng pula deh kegiatan kelompok..

Tumben ya, saya cerita soal kelompok wanita tani (KWT).. hehe, lagi kepengen aja sih.. Hanya ngerasa happy aja, mendengar beberapa KWT yg sy duga berlanjut, ternyata memang masih berlanjut, sdg yg diramalkan bubar, sdh menunjukkan tanda2 spt itu.. Yang jelas sih, tambah banyak sodara.. Seneng juga kedatangan kita ditunggu2, jangan lupa telpon dulu ya bu, ntar kita masakin sayur polong.. hehe..

Bersama Ibu-ibu KWT
Dari sisi saya pun, saya juga ikut belajar.. Awalnya, teori pemanfaatan pekarangan yg hanya ada di kepala, terpaksa dikerjain. Malu, ntar dtemgokin ke rumah, ternyata saya sendiri ga ngerjain..
Salah satunya, ya pembuatan MOL. Mikroorganisme Lokal.  komplain dari ibu2 bahwa molnya bau bila diaplikasikan. Ya iya lah, soalnya pembuatannya kurang sempurna. Bisa bilang begitu karena saya udah nyobain dan tanaman saya juga subuur2.. Ntar ya, saya bagi gimana caranya di posting selanjutnya, klu pake laptop..
Ga jualan sirop ya.. MOL dengan berbagai ramuan

Intinya, apapun pasti ada pelajaran yang bisa dipetik. Hanya jeli atau tidak kitanya memaknai semua pelajaran tersebut. It depends on you !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar