Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Sabtu, 07 Juni 2014

Bioindustri pada Kentang

Rabu kemarin, saya ke Pangalengan. Ada pengalaman unik yang ingin saya bagi..

Saya kebetulan diminta agar suatu program kegiatan kentang bisa dikaitkan dengan ternak. Integrasi tanaman ternak begitu agar terbentuk bioindustri yang berkelanjutan.

Ih.. maksa amat sih. Tanaman kentang kan mengering saat mati sehingga limbahnya tidak dapat digunakan untuk pakan ternak. Meskipun kotoran ternak sudah biasa digunakan untuk pupuk organik tanaman kentang. Jadi ga bisa zero waste bener, karena hanya satu sistem saja, engga bisa bolak-balik..

Berhubung program tersebut berupa agribisnis kentang, yang artinya harus dari hulu hingga hilir, yang berarti dari benih hingga pengolahan kentang, terpaksa deh harus didalami semuanya. Salah satunya saya main ke home industry kentang di Pangalengan..

Ternyata, untuk granola, pengupasan untuk menjadi kentang harus tebal-tebal agar keripiknya bersih. Dari 200 kg kentang bisa menghasilkan 50 kg limbah kulit kentang. Nah, limbah tersebut ternyata sudah digunakan sebagai campuran pakan sapi perah dan itik. Hasilnya, kualitas susu meningkat dan bobot itik lebih tinggi..

Wuih.. kereen nih, saya ga perlu pusing-pusing bikin model bioindustrinya, tinggal mengidentifikasi dan merumuskannya. Yang bikin saya happy, biasanya model integrasi ini masih pada sistem produksi, tanaman ternak. Nah yang ini, justru antar sistem. Sistem produksi-sistem pasca panen, karena integrasi terjadi antar ternak dan limbah industri pengolahan kentang. Horeeee...

Sekarang, pekerjaan rumahnya, bagaimana memperluas model ini. Saya tau ini sulit karena berada pada sistem yang berbeda.. Perjalanan panjang dan berliku..
Liat saja nanti..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar