Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Selasa, 10 Juni 2014

Pengolahan Keripik Kentang : Granola vs Atlantik

Melanjutkan cerita soal jalan-jalan kentang kemarin. Saya main ke home industri olahan kentang, Atlantik dan Granola. Mungkin saya menyoroti yg keripik saja ya..

Seru juga main ke keripik kentang granola ini. Pertama, karena saya suka banget makanan ini, jadi ngobrol sambil nikmatin kripik ini terasa nikmat.. wkwkw.. kedua, tentu sharing ilmunya yang bikin otak terus muter. Selain tentang bioindustrinya yang baru saya tau, saya juga belajar prosesing keripiknya. Kebetulan pekerjanya sdg kerja, jadi jelas bisa tau step2nya. Maaf, ga bisa dibagi foto2nya karena takut dicomplain sama yg punya.

Intinya, permintaannya masih terbuka luas, bahan baku juga ga masalah, tetapi pengeringnya yang terbatas. Pengering matahari tergantung musim, sedangkan pake mesin.. gigit jari sama mahalnya bbm deh..
Sebenarnya, menarik juga bisnisnya. Dari dulu pengen terjun sampai ke pengolahan, tapi belum kesampaian. Menguntungkan sih, tapi perlu modal yang lumayan booo, bila dihitung siklus produksinya..

Nah, yang atlantik, sebenarnya juga lebih menarik daripada granola. Baru ngeh saya. Sebagai fans berat keripik kentang, baru tau kenapa terkadang dapat keripik yg enak gurihnya dan yg biasa2aja. Meskipun sama2 pake vetsin, ternyata yg atlantik lebih gurih lho. Beda deh rasanya. Jelas dong lebih mahal. Kebetulan yg saya datangin, modalnya cekak. Jadi meskipun menguntungkan, tp ga bisa produksi maksmal & kontinu karena stok bahan bakunya yg terbatas.

Kalau stok terbatas & menguntungkan, kenapa saat ga ada stok atlantik, bikin aja yg granola. Ternyata dia mau spesialisasi atlantik saja karena margin keuntungannya yg lebihtinggi.. Oow.. Harga bahan baku lebih murah karena afkir, tapi harga jualnya tinggi. Hmhm.. saat dikejar kenapa ga mau produkai keripik granola skala besar, terrnyata, kemampuan produksinya memang ga bisa besar, karena keterbatasan modal & sarana prasarana prosesing..

Hmhm.. seru juga.. selengkapnya, tunggu jurnal saya dong..
Entah kenapa ya, suatu saat saya merasa bakal punya pabrik olahan kentang sendiri.. Amiin YRA.. Saling mendoakannya. Jazakallah bagi yg meng-amini..

6 komentar:

  1. mas, saya butuh stock utk kentang atlantik,
    barangkali mas berminat, hub saya mas
    dany : 085292449621

    BalasHapus
  2. mas alamat perusahaan keripik kentangnya dimana ya?

    BalasHapus
  3. Permisi admin numpang promosi
    Barangkali ada yang butuh kentang granola untuk usaha makanan skala besar bisa hbungi saya
    W.A 082140185819
    Terimakasih

    BalasHapus