Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Rabu, 21 Oktober 2015

Reuni di Seminar Perhorti 2015

Saya mencoba untuk selalu hadir di Seminar Perhorti (Perhimpunan Hortikultura Indonesia) setiap tahunnya. Alhamdulillah, setelah ngantor lagi, saya bisa terus hadir. Saya sendiri bukan anggota, hehe.. tapi merasa menjadi keluarga hortikultura.. *hihi.. ngaku2 ya*..
Nyatanya, setiap hadir di seminar ini, selalu sibuk berhai2 dengan temen2. Entah itu temen kuliah, kerja beda instansi, ato bapak dan ibu dosen2 saya.. lengkaplah reuninya. Belum lagi klu ketemu dg kolega2, partner kerja, plus pengusaha2 n praktisi pertanian.. seru deh, so ga pernah saya lewatkan..

Tahun ini, diadain di bogor. Ipb lah yg sebagian besar panitianya. Kebayang serunya deh. Numplek ketemuan..
Dari sekian presentasi, tambah ilmu saya dapat dr Prof Sobir dan Prof Syukur. Tentang buah, yang sebenarnya seru, tp bukan bidang saya. Entah di buah atau sayuran, kira2 kami sepakat perlunya skala n manajemen usaha. Susah sih. Klu cuman teknologi, bisa dipelajari, tp klu manajemen usaha, repot. Banyak faktor yg berpengaruh. Ada saprodi yg hrs dhitung brp siklus agar mlebihi BEP untungnya, ada tenaga kerja yg makin mahal tp menurun kualitasnya, ada lahan yg makin mahal tp menurun kualitasnya.. kompleks. Makanya perlu orang2 muda yg masih energik untuk menghandle ini.


Menarik dr seminar kali ini. Ada FGD dg mngundang para stakeholder di hari ke2. Srategi pemadaman kebakaran. Bila stok kurang, bagaimana membuat daerah penyangga, baik dilihat dari lokasi n waktu. Untuk bawang merah, stok kurang saat msm hujan, maka penanaman sebaiknya di lahan kering. Bila stok lebih, bagaimana dg pengolahan pasca panen atau kebijakan subsidi harga jual. Kata dirjen horti, ada, tp terbatas.
Namun semua ini terkendala oleh database yg ga akurat. Minta data dinas, ya gitu deh, sedang nanya petani lgs, ga ada yg mau ngaku jujur, takut impor.. jadi deh begini. Tapi belajar dari upsus pajale, mestinya bisa ya..

Soal presentasinya? Biasa2 aja deh, saya justru surprise ketemu dg teman2 takterduga. Ganyangka ketemu ke2 bapak2 saya, Prof. Wattimena dan Prof Anas d susila dalam keadaan sehat dan semoga selalu sehat. Amiiin. Ketemu mba atik, temen yang saya tanya2in slm persiapan ke swedia dan belum pernah ketemu darat. Ketemu juga dg suami temen saya sesama training ke swedia. Ternyata kami sama, istri di pns n suami bisnis pertanian. Dia aktif di asosiasi cabe indonesia.. dan tentu ketemu dg temen2 kuliah lainnya yg sudah tambah hebat. Ada mbak karlin, ibu rektor IBA, yang makin cantik saja. Dll deh. Alhamdulillah, dapet kabar temen seangkatan s3 kami, akhirnya lulus semua, kecuali 1 yang meninggal. Sednagkan satu yang mengkuatirkan, akhirnya lolos juga..

Alhamdulillah, happy...
And see u next year, guys, on makasar...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar