Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Jumat, 17 Desember 2010

Beda pengamat, beda pula hasil pengamatan..

Waktu saya entri data pengamatan, kok aneh ya.. pertumbuhan tunas kok menurun.. Benar dugaan saya.. cara mengamati jumlah tunas antara saya dan pegawai saya berbeda.. Bagi saya, bila sudah keluar tunas dengan membentuk daun sempurna, sudah saya anggap terbentuk tunas. Sedangkan bagi pegawai saya, meskipun sudah terbentuk daun sempurna tapi masih kecil, belum dianggap terbentuk tunas..

Sebaiknya, dalam pengamatan dilakukan oleh orang yang sama dan waktu yang sama. Misalnya, yang mengamati saya, maka harus saya terus yang mengamati. Bila saya amati setiap 1 minggu sekali dan pagi hari, maka harus tepat seminggu kemudian di pagi hari, baru diamati lagi..
Memang sepele sebenarnya, tetapi begitulah untuk mengurangi error yang terlalu besar..

Sebenarnya, saya sudah antisipasi kesalahan pengamatan saat saya tugaskan pegawai saya mengamati. Bahwa disebut telah bertunas adalah bla.. bla.. bla.. Hehe.. tapi instruksi lisan rasanya kurang tepat.. harus dikasih contoh, rupanya..biar dia tidak bingung..
hehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar