Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Senin, 28 Februari 2011

Ngiritnya di negeri orang

Banyak hal bisa dilakukan untuk mengirit di negeri orang saat ikutan training. Bisa memalukan, bisa juga tidak.. Beberapa hal yang masih saya ingat antara lain :

1. Waktu sarapan di hotel yang gratis, kita makan sekenyang-kenyangnya. Biar nanti saat lunch dan dinner bisa agak ngirit.
Awalnya saya gak mau ikut2n temen2 asia saya untuk menyimpan telur matang saat sarapan untuk bekal di kamar, tetapi saat saya liat temen saya sampai ngambil 5 telur sekaligus, saya jadi ikutan ngirit deh ambil telur beserta perlengkapannya (roti, selai dll)..
Lumayan ngirit..

2. Jatah laundry ga dipake alias nyuci sendiri.
Berhubung setiap saya keluar kamar, listrik otomatis mati, maka cucian ga bisa kering. Jadi biasanya saya nyuci sore hari, sehingga saat saya tidur, lampu kamar mandi saya tetep hidup untuk ikut mengeringkan cucian saya. Untuk underware, jilbab, dan kaos bisa langsung kering, tapi kalu celana panjang jeans terkadang bisa lebih sehari deh..
Karena kunci kamar pake kartu, ada temen yang cerdas (ato apalah) memasukkan kartu lain (bisa kartu voucher telpon) ke tempat kunci, sehingga listrik di kamar bisa nyala terus, yang artinya, cucian bisa kering.. Padahal, sebenernya dengan tipe kunci begini, terhindar kebakaran akibat hubungan arus pendek saat rumah ditinggal pergi sang pemilik..

3. Sedia botol air minum..
Air minum cukup mahal lho (seperti pernah saya ceritakan di posting sebelumnya).. Jadi bila negara yang dikunjungi maju dan memiliki air ledeng yang dapat diminum, maka bawa aja botol air minum yang bisa diisi sewaktu2 biila abis dan dapat diminum sewaktu2 pula..

4. Bawa makanan siap saji dari Indo..
Awalnya saya heran, kenapa teman saya menyarankan harus bawa makanan segala. Ternyata, lumayan bisa ngirit uang saku yang kita dapat. Bisa mie, abon, bumbu pecel, dll..

Mungkin ada tips yang lain.. Itu yang saya ingat..

Tapi ada kejadian lucu untuk mengirit yang saya ingat. Saat saya ke Sweden..
Transportasi lokal adalah bis. Lumayan nyaman. Ga penuh.. Kebetulan, sistemnya adalah ongkos untuk 1 jam. Dengan demikian bila masih dalam satu jam, saya masuk lagi ke dalam bis lain, maka saya bisa gratis masuk ke bis tersebut..
Hm..lumayan membantu, karena ongkos untuk satu kali jalan cukup mahal..



Hingga suatu sore, kami sekelompok asia jalan2 ke dept store. Kami batasi sejak masuk bis hingga kami masuk bis lagi, harus tidak lebih dari 1 jam. ALhasil, kita jalan2 dalam dept store sambil liat2 jam karena takut kelewat..
Emang sih kita cuman liat2 aja kok, ga banyak belanja..
Abis... muahal2... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar