Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Selasa, 21 Juni 2011

Investasi kebaikan masa lalu

Sudah lama saya pengen ke Pengalengan..
Selain silaturahmi dengan teman2 petani kentang saya dulu, juga mau masarin benih kentang saya..
Tapi kesibukan saya, membuat saya tunda dulu keinginan saya tersebut..
Soal masarin benih kentang saya, selama ini lancar sih, baik dari segi harga maupun pembayaran.
Jadi keinginan ke Pangalengan untuk memasarkan benih sendiri jadi ketunda2 mulu..

Setelah ujian selesai, mungkin saya bisa full terjun ke kentang abis2an nih.
Diawali dengan perjalanan saya ke Pangalengan tadi pagi..
HmHm.. Pangalengan masih seperti dulu..
Ya, sudah 9 tahun lalu saya terakhir ke Pangalengan..


Agenda saya adalah ke Balai Pengembangan Benih Kentang (BPBK) Pangalengan dan petani saya..

Ke BPBK, sama lah seperti kalau saya ke Instansi Pemerintah..
Pengen tahu kondisi terakhir tentang status perbenihan kentang, teknologi perbenihan kentang..
G0 aeroponik + konvensional dan G1
Yang jelas sih, ngebandingin bagaimana teknologi aeroponiknya dengan saya..
Hehe.. Maaf, informasinya tidak bisa saya share..


Selanjutnya, ke petani saya..
Ada kemajuan dibandingkan 9 tahun lalu..
Banyak plang bertuliskan pedagang penjual benih bersertifikat di jalan menuju BPBK..

Dan Alhamdullillah, petani saya tersebut sekarang juga jdi petani penangkar..
Jadi deh diskusi lagi tentang perbenihan kentang..
Updating lagi..
Dan.. dia bakal jadi penyalur benih saya..

Yang agak berkesan adalah..
Petani saya cerita kalau dia sangat berterima kasih mendapat ilmu dari saya.
Yup, 9 tahun lalu, saya punya kegiatan PHT kentang. Lumayan lah 2 tahun.
Kegiatan tersebut kerjasama dengan Inggris dan saya jadi counterpart-nya.
Katanya, meskipun sekarang sudah tidak ada lagi proyek2 atau kegiatan sejenis PHT, namun bekal ilmu pelatihan dulu, menjadi dasar dia bertani kentang.
Alhamdullillah, hasil panennya selalu lebih tinggi dibandingkan teman2 lainnya..

Bener lho..
Ada rasa nikmat tersendiri, bila ilmu yang kita sampaikan ke petani, benar2 diterapkan dan bermanfaat..
Yup.. Ingat lah jaman saya muda dulu..
Penyuluhan, praktek di lapang, monitoring ke lapang..

Dan asal tahu saja, bedanya petani sayuran seperti kentang dibandingkan petani padi..
Petani kentang, biasanya rajin2.. pinter2..
Tak perlu kita sampai paksa2 agar menerapkan teknologi, kalau teknologi kita emang bagus, pasti deh mereka akan menerapkannya..
Beda dengan petani padi, meskipun teknologi bagus, bila proyek dah ga ada.. Balik lagi deh ke konvensional.. Capek dweh..

Nah, petani kentang di Pangalengan termasuk idola saya nih..
Mereka selalu mengejar2 saya tentang teknologi baru..
Kerjasama antar mereka bener2 kompak..
Salut saya..

Satu hikmah yang saya petik..
Alhamdullillah, dulu kerjasama kami baik.. Bahkan sangat baik..
Hari ini kami dipertemukan kembali..
Kerjasama dulu yang baik, memudahkan saya untuk bekerjasama dengan mereka ke depannya..
Yah, investasi kebaikan di masalalu yang berbuah manis..
Insya Allah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar