Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Rabu, 19 Oktober 2011

Masukan untuk presentasi

Dua minggu lalu, ALhamdullillah, saya bisa menyelesaikan seminar proposal (kolokium) saya. Bisa dibilang, seharusnya terlambat untuk semester 5, tapi bila lihat angkatan saya, engga juga tuh. Untuk jurusan saya, saya yang pertama.. hehe.. (berarti telat semua donk... dan jangan bangga dulu, di jurusan saya cuman ada 2 orang kok.. hehe)

Tetep aja saya agak deg2n, tangan dingin meskipun tidak sedingin waktu saya mau ujian kualifikasi doktor saya.
Ngomong2 soal deg2n mo presentasi, biasanya saya ga terlalu deg2n. Bisa dibilang saya sering presentasi. Justru klu boleh dibilang, daripada jadi penonton, saya sangat suka presentasi, mengungkapkan ide2 saya.. Jadi bukan karena pengen jadi pusat perhatian. Bila melihat orang presentasi jelek, selalu deh, dalam hati saya mengkritik dan berharap saya tidak mengulangi kesalahan orang tersebut..

Rupa2nya.. kenapa 2x presentasi yaitu ujian kualifikasi doktor dan kolokium saya agak deg2n, karena berhubungan dengan nilai.. hehe..
Bila tidak lulus ujian kualifikasi artinya saya DO dan bila tidak lulus kolokium, nilai IP 4 saya bisa turun donk.. Sedangkan bila presentasi di luar akademik, saya santai2 aja tuh.. Tapi klu presentasi tugas kuliah juga ga deg2n karena pesertanya yang hanya teman2 kuliah..
Hehe..

Kembali ke cerita kolokium saya..
Ada shock terapy dari dosen pembimbing saya saat dia memperkenalkan saya sebagai pengusaha benih kentang. Mungkin ceritanya mau memuji saya, tapi Sumpeh.. malu boo. Bukan malu sebagai pengusaha benihnya, tapi malu aja ketahuan dapurnya.. Lha saat kolokium kan saat saya memakai atribut peneliti, kok diungkit2 pengusahanya...

Akibatnya, saat ditanya BC rasio usaha aeroponik dan peluang usahanya, saya agak senyam-senyum sendiri. Malu.. Beda kali bila saya saat itu presentasi soal prospek usaha, tentu saya akan presentasi dengan meyakinkan seperti saya kalau jualan tekologi lainnya,
lha wong lagi presentasi serius tentang teknologi secara akademis ditambah diperkenalkan sebagai pengusaha benih, kan saya jadi malu.. Mana disebut2 itu usaha hubby saya lagi..mo ditaruh mana muka saya...

Hasilnya, saya dikritik oleh dosen pembimbing saya yang lain. Bila menjawab pertanyaan, saya jangan senyam-senyum, ketawa2 sendiri. Takut penanya tersinggung..
Ealah, pak, ga tau apa kalau saya tuh malu..
Beberapa teman dekat saya, juga menyadari ketersipu malunya saya. Sedangkan teman yang ga ngeh kalau saya malu hanya heran, kok tumben saya malu2 begitu.. Tapi ada juga yang salut dengan saya.. Yah, sebagai peneliti dan pengusaha..
 
Tapi lumayan lah jadi masukan buat saya, seandainya nanti di seminar atau ujian terbuka doktor saya..
Dan Alhamdullilah lah, semua pertanyaan bisa saya jawab dengan baik. Plus pengalaman di lapang dan politik perbenihan kentang. So tetep lah saya dapet nilai A..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar