Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Rabu, 19 Oktober 2011

Pesan bibit siap tanam

Kemarin ada telpon, ngakunya mahasiswa yang sedang penelitian aeroponik kentang. Dia pengen beli bibit hasil aklimatisasi planlet. Hanya 20 saja untuk penelitian pendahuluan.. Alasannya adalah dia merasa belum berpengalaman di bidang kuljar dan mungkin butuh dalam waktu segera.. Nanti di penelitian benerannya, dia akan bikin sendiri

Sebenarnya bukan masalah jumlahnya yang sedikit, hanya 20, bila saya keberatan untuk menyisihkan untuknya, tapi ada hal lain..
1. Apa mungkin bibit saya bisa bertahan tetap bagus dalam perjalanan Bandung-Bogor sekitar 3 jam? Seperti diketahui, jaringan tanaman planlet belum terbentuk sempurna, jadi masih sangat ringkih. Stomata, jaringan pembuluh dll.. Meskipun dibawa dalam mobil ac, saya ga yakin stek planlet saya masih tetep bagus.
2. Stek saya baru stek pertama, sedangkan untuk tanam di aeroponik, sebaiknya stek ke-3. Klu masih stek ke-1, tentu hasilnya tidak akan maksimal dan sekali lagi belum bener2 teraklimatisasi, masih ringkih..
3. Yang ini alasan pribadi, hehe wong saya aja telat tanam kok.. masak saya kasih stek pertama saya. Kan stek pertama merupakan induk bagi stek berikutnya.. Bisa tambah mundur deh tanaman saya..
Selain untuk dijual, tanaman aeroponik adalah untuk penelitian S3 saya. Mundur tanam, sama saja saya mundur lulusnya donk..

Soo.. it's not about money..
Rada kesel juga sih waktu mahasiswa itu mau bayar berapa saja asal dikasih bibit tersebut..
Mungkin alasan ke-3 bisa saya abaikan, tapi mosok saya kasih bibit yang pasti akan jadi jelek nantinya..
Aduh.. si eneng ini.. tidak semuanya berarti duit..

2 komentar:

  1. skr ini sy mau mencoba menanm bibit GO kentang utk di daerah cipanas puncak.bisa ga sy lihat lahan ibu vania untuk perbandingan? harap dibalas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak sudah mampir ke blog saya.
      Mohon maaf pak, saat ini aeroponik kami belum dibuka untuk umum..

      Silahkan cek http://vandaniasekar.blogspot.com/2012/04/aeroponik-perlunya-segala-hal-yang.html

      Hapus