Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Sabtu, 26 November 2011

4 skala pengukuran : Oleh2 Pelatihan Statistik (1)

Sebenarnya, setahun lalu, saya sudah pernah mengikuti pelatihan statistik yang diselenggarakan oleh kantor pusat saya.. Sebagai petugas belajar, kami dapat mengikuti pelatihan2 yang kami anggap perlu dan dibiayai oleh kantor. Berhubung, saya pada dasarnya saya emang suka statistik dan kebetulan ada beberapa pertanyaan tentang statistik yang mengganjal di pikiran saya, tentu dong saya ikut.. Waktu ada pengumuman saya masuk peserta cadangan.. nyesel banget kenapa telat daftar..
ALhamdullillah, saya akhirnya bisa ikut.. Horeeee...

Sebenarnya topiknya sama. Tapi karena pengajarnya beda, ALhamdullilah, dapat memperkaya wawasan saya. Berhubung pula, pesertanya adalah orang eksak dan sosial, so semua analisis eksak dan sosial diajarin. Tentu ga detil banget, cuman lumayan lah..
Bagi saya yang pernah dapat materi itu, tentu sekalian mengingat2.. hehe..

Yang dapat saya ringkas adalah begini :Skala pengukuran dibagi 4 :
1. Nominal
Contoh : Jenis kelamin (laki-laki,perempuan) ==>tanpa urutan, tanpa makna
2. Ordinal
Contoh : Tingkat pendidikan (SD, SMP, SMA, dst) ==> terdapat urutan
3. Interval
Contoh : Suhu (0-100), pH (0-14) ==> bukan berarti suhu 100 oc = 2x suhu 50oc, jadi tanpa makna  
4. Rasio
Contoh : tinggi badan ==> tinggi badan 100 cm = 2x tinggi badan 50 cm

Bedanya skala pengukuran ini tentu akan berpengaruh pada analisis yang akan kita pakai..
Dilanjut postingan berikutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar