Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Kamis, 26 Januari 2012

Pembajakan Foto

Saya yakin, kebanyakan orang hafal dengan foto hasil bidikannya. Hafal lokasi foto, kapan foto dibuat, dan mungkin ada catatan kecil mengenainya.. Including me.. Yup, Insya Alllah saya hafal semua foto bidikan saya..

Dua foto saya dibajak orang..
Pertama, saat saya masih kerja.. Waktu itu sengaja saya membuat foto suatu teknologi, yup teknologi pemupukan Bagan Warna Daun (BWD) pada padi di Kabupaten Karawang. Tentu saya minta tolong petani saya untuk memeragakan bagaimana menggunakan BWD dan saya foto. Petani saya pake topi, kaos putih dan cepret... jadilah foto tersebut saya gunakan di berbagai power point bila saya presentasi, juga di beberapa laporan kegiatan penelitian saya..
Hingga suatu saat, saya tertegun melihat laporan kegiatan penelitian tim teman saya, yang menggunakan foto teknologi BWD tersebut.. Ga masalah sih bila foto saya dipakai. Tapi tak bisakah minta ijin dulu ke saya sebagai pemegang lisensi foto tersebut. Mending kalau teman tersebut tidak tahu kalau itu foto buatan saya,, la wong tau kok...
Atas nama kantor kah hingga sewenang2 main pakai foto teman sekantor?
Oke, bolehlah. Memang foto tersebut saya buat dengan kamera kantor saya, sehingga mungkin dianggap foto menjadi hak milik kantor.. Tapi yang mengherankan saya. Kok lucu, dia melaporkan kegiatan penelitiannya di Kabupaten Kuningan, tapi kok pake foto yang asal lokasinya Karawang? Nuraninya kemana tuh..
Berhubung kalah senior, saya ga bisa protes..
Namun sejak itu, saya hati2 share foto..

Kedua, baru saja terjadi..
Saya lihat profile picture teman saya di facebook.. Dia menampilkan foto teknologi legowo pada padi. Lagi2 saya ingat. Foto tersebut diambil di lokasi penelitian saya di Karawang. Sangat yakin karena sawah lokasi foto terdapat dua kelapa, yang menambah indah pemandangan. Mantan bos saya langsung mengkomentari foto tersebut dengan tidak yakin apakah benar itu di Karawang. Tentu, saya ikut2n komentar, klu foto itu benar di Karawang...
Saya belum tau komentar si empunya profile picture..
Cuman, agak surprise dengan keberanian bapak2 teman saya ini. Foto teknologi legowo itu benar2 sudah mendunia sebagai kegiatan penelitian di karawang. Kok berani2nya ngakuin klu itu fotonya..
Hmhm.. senior yang jangan ditiru   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar