Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Kamis, 02 Februari 2012

Menumbuhkan Jiwa Agribisnis melalui Magang

Tadi siang, teman mahasiswa yang magang di perbenihan kentang saya, dateng.. Memang sih, beberapa hari lalu mahasiswa saya tersebut sudah minta ijin agar temannya boleh liat usaha saya.. Tertarik gitu..
Dan, salah satu dari mereka, sepertinya agak tertarik dengan bisnis. Terlihat dari pertanyaannya, yang nanya modal, hasilnya berapa, keuntungannya berapa..
Hmhm..

Salah satu yang sedikit saya sayangkan di masa muda saya, meskipun tidak juga saya sesali adalah kurangnya jiwa agribisnis saya waktu muda. Kebanyakan main. Mungkin namanya masih abg kali ya.. bawaannya main mlulu.. Meskipun ada manfaatnya juga main, yang membuat saya punya banyak teman..


Klu soal jualan, emang hobinya udah dari dulu sejak kecil.. Tapi yg berkaitan pertaniannya kurang..
Padahal, saya kuliah di pertanian. Alm Bapak saya juga orang pertanian..
Sebenarnya sayang banget, seandainya dari dulu diasah jiwa agribisnis saya plus didorong bapak saya.. waw.. pasti asyik tuh diskusi dengan bapak saya.. (hmhm.. jadi kangen beliau deh.. kirim Al Fatehah dulu ya..)
Pikiran praktis saya, semakin awal dimulai berbisnis, semakin banyak pengalaman diperoleh, semakin hati2 dan paham seluk beluk agribisnis.. Harapannya bisa sukses di masa muda.. Amin 

Waktu kuliah kerja nyata (KKN) pun, saya pernah rada malu. Program KKN bidang saya adalah sengonisasi. Jujur, cuman agak fiktif karena sebenarnya ga banyak bikin bibit sengonnya. Sama seperti teman2 yang lain. Yang bikin malunya, 2 teman satu kelompok saya. Yang satu, calon arsitek tapi bandar sayur di magelang, sedangkan yang lain calon dokter hewan yang punya ternak ayam yang sukses..Yang malu bangetnya ya yang arsitek itu.. Saya yang orang pertanian, tapi tidak terlibat di pertanian praktis..
Abis gimana.. kondisi saat itu tidak memungkinkan..

Liburan awal tahun lalu, saya ketemu kakak angkatan saya di pertanian yang sudah sukses dengan perusahaan saprodi organik. Cukup salut.. Setidaknya dia telah merintisnya sejak kuliah.. Dia emang smart, supel, and cukup tajir. Kepikir sama saya, seandainya orang2 seperti dia mau membuka lapangan pekerjaan di pertanian, kebayang pertanian Indo bakal maju.. Abis kebanyakan teman2 pertanian yang pinter2 justru jadi PNS, kerja di Bank.. tidak terlibat di pertanian praktis..
Jadilah gitu deh..

Inget dulu waktu S1 ada kuliah wiraswasta..
Kalau tidak salah, isinya hanya bikin bagamana evaluasi usaha agribisnis. BC rasio. Menguntungkan atau tidak. Padahal semestinya bagaimana membangkitkan jiwa entreprenuership di bidang pertanian. Entah dengan mengundang praktisi pertanian sukses, studi banding ke usaha2 pertanian..
Eh, sebenarnya ada ding studi banding.. Tapi tauk tuh.. ga masuk ke pikiran, yang kepikir cuman mainnya aja... hehe

Makanya, di sela2 materi magang mahasiswa saya, selalu saya selipkan bagaimana agar dia tertarik berbisnis pertanian.. Juga saya pesan ke teman2 dosen saya. Yah, agar mahasiswa2 pertanian mau terjun ke pertanian praktis. Jadi tidak terdengar lagi, tingkat SDM petani kita rendah, karena petani2 kita muda2 dan berpendidikan tinggi..
Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar