Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Jumat, 17 Februari 2012

Puyeng oleh tenaga kerja

Dalam satu bulan harus memberhentikan 2 tenaga kerja, bikin saya puyeng.. Bukan prestasi, tapi bikin saya harus introspeksi diri.. Hmhm.. emang masalah tenaga kerja bukan masalah enteng..

Setelah sekian kali mengangkat dan menghentikan pegawai, paling bikin puyeng, ya bulan ini..
Mengingat aeroponik bukan teknologi biasa, saya memerlukan pekerja yang agak ngerti pertanian. Saya cari lulusan pertanian. Awalnya, sudah saya ajarin bagaimana hama dan penyakit kentang. Juga tentang siklus pertanaman kentang berikut tentang dormansi kentang..

Saya mulai curiga dia "agak males" saat dia sering melempar2 pekerjaan yang saya berikan kepada pekerja lain. Dia juga sering milih2 pekerjaan terutama milih pekerjaan yang mudah. Lho kok? Pekerjaan agak susah sedikit, bilang sakit pinggang.
Mana dia anak gaul lagi.. Mana agak ga sopan lagi. Repot saya..
Sebenarnya ga tega, tapi daripada saya ga nyaman.. Akhirnya, saya bilang aja supaya dia cari pekerjaan lain yang lebih ringan. Saya kasihan bila pekerjaannya terlalu berat dan bikin dia sakit pinggang..
Amaan..

Yang kedua adalah sepasang suami istri..
Awalnya tidak ada yang mencurigakan mereka ini. Baik, ramah, penuh kekeluargaan.. Banyak yang bilang, kecurangan si istri. tapi kami tidak menemukannya..
Hingga di musim sekarang, saya terlibat langsung di semua proses produksi..

Sudah 2x pembumbunan, saya heran kok tanaman dibumbun lagi tanpa konfirmasi.
Apa-apaan nih.. Siapa yang suruh? Biar dibayar tenaga kerjanya terus? 
Mulai deh, kami waspada..

Lama2.. insting detektif saya muncul deh..
Ternyata, pupuk dan obat saya diembat.. Obat cepat habis sebelum perhitungan seharusnya habis. Pupuk diembat, dimasukin ke tas-nya (kata temennnya sih). Kerja 2 hari, ngaku 3 hari.. Terpaksa, saya diem2 mengadakan sidak dateng di waktu2 tidak lazim..
Banyak deh, kelengahan saya yang mereka manfaatkan..

Yang jadi masalah, suaminya lah yang sering mompa air dari mata air yang sulit diambil..
Kata hubby, emang sulit medan mata airnya. Kalu hanya mecat istrinya, gimana suaminya"

Yang bikin kesel lagi, Si istri bak putri ga ngerasa ngembat lagi..
Dan sekampung gitu, takut semua tuh sama si istri.. Ternyata terkenal ember, ngomelan..
Bahkan penduduk laki2nya juga takut sama si istri..
Ampun deh...
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar