Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Minggu, 25 Maret 2012

Antara Aeroponik dan Organik

Hehe.. bertolak belakang ya..
Yup, mulai beberapa hari lalu, saya akan lebih fokus pada 2 dunia yang bertolak belakang tersebut. Tentu tanpa melupakan curhat2, ide2, dan opini saya di bidang lain seperti penelitian, pertanian, kesehatan, travelling, dll... So tertulislah Aeroponic Potato Seed and Organic World di blog saya..

Abis gimana lagi, emang saya suka ke-2 dunia tersebut sih..
Aeroponic Potato Seed..
Di dunia ini, saya merasa tertantang aja ilmunya.. Penasaran geto.. Setiap musim, selalu ada tambahan ilmu buat saya.. Seru, bila saya bisa mengaitkan antara teori dan prakteknya.. Hmhm.. Kepuasan sendiri.. Insya Allah saya akan terus menggalinya..
Salah satu yang sangat, sangat saya syukuri, sebagai seorang peneliti pertanian, saya bisa praktek langsung. So ilmu saya ga omong doang, saya praktekin sendiri.. Jarang lho peneliti bisa terjun praktek di lapangan..
Saya tau lah gimana tipe2 peneliti teman2 saya.. Kebanyakan mereka hanya rajin cari proyek dan rajin nulis jurnal. setelah itu di-sub-proyek-kan lagi ke para teknisi. Yang ngerjain, ngamatin ya para teknisi tersebut. Hasilnya, yang luwes ya teknisi2 tersebut.. hehe, tentu bagi para teknisi, sulit mengaitkan teori dan praktek, tapi soal pengalaman..hmhm jago bangets, jadi analisa mereka hanya mengaitkan pengalaman2 mereka saja..
Alhamdullilah, di aeroponik, saya sudah coba ngerjain semua pekerjaan para pekerja saya. Eh.. ada ding yang belum saya coba.. nyuci atap screen (karena takut jatuh),  nyuci bak torn 1000 l nutrisi saya (karena lubang masuk kecil jadi takut.. hehe), end nyemprot pestisida (takut kena racun hehe.. meski tetap saya awasin dari jauh cara nyemprotnya).. 
Selain dari sisi ilmu, tentu dong dari sisi finansial.. dapat sesuap nasi and segenggam berlian.. Hehe... Amin3x ya Rabbal alamin.. Mudah2n bermanfaat, tidak hanya buat saya sekeluarga, tetapi juga bagi orang2 yang bekerja di bawah saya dan para stakeholder.. (btw.. ini menjadi salah satu doa saya agar usaha benih kentang terus diberkahi Allah SWT). Benih yang bagus, tentu pengguna benih saya akan berproduksi tinggi pula..

Kalau organik?
Kalo ini mah, saya suka karena saya yang penyakitan.. Memang belum jadi consumen tetap karena mahal sih.. Selain itu juga saya juga belum terjun aktif, jadi belum jadi praktisi bener. Hanya tau teori2 nya..
Yang bikin gemes sebenarnya, karena posisi saya yang pernah ikut international training organic inilah.. Jadi lebih kepada hutang pekerjaan saja. Belum ada real moment yang bisa melibatkan saya menjadi praktisi..

Jadi inget oleh2 hasil survei organik di Malang beberapa waktu lalu adalah tentang betapa sehatnya produk organik.. Katanya, sejak make beras organik, beberapa pelanggan mengalami kemajuan kesehatannya. Ada yang ga migrain2 lagi, emosi lebih stabil bagi anak autis...
Dibilang kok bisa, sama seperti pertanyaan saya.. Ga tau kenapa bisa. Apa mungkin penggunaan pupuk kimia dan pestisida kimia mengakibatkan gangguan kesehatan secara pelan2 dan bertahap? Ga tau deh..
Tapi, mungkin saja. Sebagai contoh, penggunaan hormon tanaman, anti giberilin, pada tanaman, akan berefek pada generasi tanaman berikutnya. Pada tanaman buah, penggunaan anti giberlin menyebabkan panen musim ini meningkat, tetapi musim berikutnya menurun (biennual bearing, istilah kerennya).. Itu di tingkat tanaman. La kalau di tingkat manusia.. Saya ga berhak ngomong karena saya bukan ahlinya..
Tapi kemungkinan itu emang ada, penyebab2 penyakit ringan seperti migrain,  kesemutan, ato penyakit degeneratif, dapat disebabkan karena makanan yang kita makan
Mudah2n nanti saya mampu (beli) dan benar2 dipercaya oleh investor saya (untuk mengelola bisnis organik, doakan tahun ini ya), saya akan jadi konsumen tetap organik deh..  


So, meskipun bertentangan, saya berniat all in di kedua bidang ini..
Aeroponik dalam rangka mengejar pemenuhan kebutuhan benih kentang yang konon baru 5-10%, sedangkan organik dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan sehat yang berkualitas..

Saya jadi inget nasehat seorang senior yang ahli di bidang pestisida organik..Dr. Agus Kardinan
Sebelumnya saya hanya mengenal beliau dari tulisan2nya, buku2nya. Pernah juga ikut seminarnya. Sekilas, pendapat saya pribadi, terlihat sombong dengan keahliannya.. But, ketika saya kenal secara pribadi di organik training di Malaysia, sebagai wakil dari Indonesia, luntur semua kesan sombongnya.. Beliau memberi nasehat kepada saya, agar saya menjadi seseorang ahli, sesuai minat saya. Liat saja bapak X, dia mantan pejabat, tapi setelah tidak menjadi pejabat lagi, he isnot someone.. Beda dengan menjadi ahli, selalu dimintai pendapat tentang keahliannya, sampai akhir hayatnya pun selalu dikenang keahliannya. ..
Bener juga ya...
So doakan saya istiqomah di ke-2 bidang ini ya.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar