Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Sabtu, 25 Agustus 2012

Pentingnya "After Sell Service" di perbenihan kentang

Kemarin telpon2an dengan teman, yang pernah ngejualin benih saya ke Palu, Sulawesi. Katanya, rata2 hasil panen umbi G2-nya hanya sekitar 2-3 saja. Whatttt? Kok bisa? Padahal, benih satu rombongan panennya yang ditanam di Pangalengan bisa panen lebih dari 10 umbi per tanaman. Rata2 15an lah..

Katanya sih, vegetatifnya bagus.. Tapi entah kenapa kok umbinya hanya sedikit.. Awalnya, yang diduga jadi trouble maker dikiranya karena iklim yang tidak kondusif. Klu udah tau nanem di musim kemarau, mestinya petani harus sadar diri untuk siap2 mompa donk. Memang sih modalnya jadi nambah, tapi klu udah terlanjur nanem, apa boleh buat lah.. Daripada ntar ruginya malah lebih gede lagi..
Ternyata engga karena musim kemarau. Katanya hujan tetap turun, meski seminggu sekali. Jadi ga masalah soal air. Konon disana suhunya rendah dan kelembaban tinggi. Wooow, bukannya justru itu yang dicari. Dengan kondisi suhu rendah dan kelembaban tinggi, semestinya umbi kentang malah cepat berinisiasi dan terbentuk banyak umbi. Apalagi klu vegetatifnya bagus. Siiip bangetlah..
Ternyata oh ternyata.. Dengan kelembaban tinggi dan suhu rendah, tanamannya kemudian malah jadi terserang penyakit.. Mereka ga tau penyakit apa, tapi berdasarkan ciri2 yang disebutkan, saya duga sih kena lodoh, Phytoptora infestan. Sebenarnya penyakit ini klu rajin monitoring dan udah tau celahnya, ga masalah. Saya juga pernah kena lodoh dulu, tapi Alhamdullillah, sekarang engga lagi..

Lama2 cerita dengan teman saya, saya dibikin kaget.. Ternyata, atas saran teman saya, tanaman umur 20 dikasih hormon GA untuk memacu pertumbuhan vegetatifnya.. Waduh.. Pantes aja klu umbinya hanya 2-3.. Karena kesel, saya jadi balik nanya, sebenarnya petaninya yang nanem benih saya adalah petani kentang ato sayuran lain sih.. Waduh, sayang banget klu benih G1 hanya ditanam sembarangan begitu..
Konon, petaninya akan nanam kentang lagi, dari hasil panen barusan. Akhirnya, saya bilang ama teman saya, ntar klu petaninya mo nanam kentang lagi, suruh dia telpon saya. Biar saya yang ngebimbing dia langsung.. Gratissss!!

Kembali ke topik.. 
After Sell Service (ASS) atau layanan purna jual, sering digunakan perusahaan2 besar untuk me-maintain konsumen. Meskipun usaha kentang saya belum gede2 banget, saya berusaha menerapkan ASS ini. Terutama bagi konsumen yang beli langsung ke saya, tanpa perantara.
Cuman dalam menerapkan ASS ini, saya sering liat2 konsumen benih saya. Klu petani asli kentang dan berpengalaman, saya suka ga enak kasih trik2 bertanam kentang untuk penangkaran benih. Petani asli kentang biasanya sudah berpengalaman turun-temurun. KLu ga ditanya, ga enaklah saya. Maklum, selain biasanya kalah umur, tentu juga kalah pengalaman. Meskipun belum tentu yang lebih berpengalaman lebih jago lho.. hehe.. Intinya sih, yang penting sama2 mau terus belajar lah..

Klu bagi konsumen saya yang pengen terjun ke kentang, saya terbuka dalam diskusi. Terkadang belum nanya aja, saya udah wanti2 berbagai hal. Cuman saya harus ngukur dulu, dia udah sampe mana tau tentang kentang.. Kecuali klu konsumennya diam2 aja ya, saya kan jadi bingung mo wanti2 apa.. Ntar dibilang cerewet or sok tau lagi.. hehe.. 



Nah, klu soal kasus petani dari Palu ini, termasuk yang error.. Awal2nya, saya udah wanti2 lewat teman saya gimana harusnya perlakuan terhadap benih. Setelah itu lupa ga nanya2 lagi.. hehe..
Baru kemarin dalam rangka lebaran, saya sempat telpon2 lagi.. jadi begitulah.. Jadi nyesel.com
       
Sebenarnya, bisa saja produsen ga peduli dengan produknya setelah sudah sampai ke tangan konsumen. Toh, udah bayar. Habis perkara. Tapi terkadang nama baik harus dijaga. Klu hasil kentang petani bagus, yang untung bukan hanya petani pembeli benih saya, tetapi saya sebagai produsen juga ikutan untung.
Ya iyalah, pasti teman2 petani saya bakal nanya benihnya darimana. Honestly, sebagian besar konsumen benih saya berasal dari tutur tinular kalangan petani. Saat musim tanam, justru berebut. Yang beli dari internet, blog mungkin hanya 1-5% saja.. hehe..

Memang sih, belum tentu benih bagus, hasil panen juga bagus. Namun demikian kata teori, bila benih bagus, maka 90% keberhasilan panen sudah ada di tangan. Sisanya 10% tergantung pemeliharaan. Nah, disini, after sell service ato layanan purna jual sangat membantu membimbing agar panen tetap bagus.. So, bagi pembeli benih saya, jangan ragu kontak saya ya..     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar