Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Rabu, 10 Oktober 2012

Hari Kerja Bakti

Kalau lagi musim hujan begini, yang terasa adalah adem, enak.. Ga panas seperti musim kemarau kemarin.. Ya iyalah.. hehe.. Ademnya enak, ga kering di kulit.. seperti di ruangan AC. Apalagi bau tanah setelah hujan, hmhm.. nyaman.. Alhamdulillah..

Sebenarnya bukan itu yang mau saya bahas.. ciecie...
Bagi yag jorok, banyak sampah, atap bocor, inilah saatnya beres-beres.. hehe.. termasuk saya..
Lagi-lagi bukan ini yang sebenarnya mau saya sampaikan..

Sudah beberapa tahun lalu, saya kepikiran melihat fenomena orang2 rajin mendadak saat musim hujan. Mendadak bersihin selokan, benerin atap. Pak RT dan Pak RW ngajak2 warganya untuk kerja bakti.. Alhasil sih, lumayan bersih dan banjir sedikit berkurang.. Sedikit lho ya..

Yup, seperti di kompleks perumahan saya, entah hari sabtu ato minggu, pak RT ngaajak2 bersihin selokan. Bagus sih, tapi ada tapinya.. rasa2nya akan lebih efektif bila pembersihan selokan dilakukan serempak se-RT, se-RW, se-desa, se-kecamatan, se-kab, se-propinsi.. Judulnya se-Indonesia deh..
Kenapa?
Seperti di kompleks perumahan saya yang kondisi kemiringannya lumayan, pembersihan selokan di perumahan saya terasa kurang efektif bila kampung di atas saya ga ikut bersih2 juga. Yang menikmati kerja bakti, selain kompleks saya, ya kampung di bawah saya lah..

Sayangnya terkadang, ada beberapa orang yang ga hadir, mungkin sibuk.Sebenarnya, ga papa sih ga hadir juga. asal kontribusi dana ato makanannya masuk.. hehe 

Sempet kepikir, seandainya, saya jadi kepala daerah (hehe.. ngayal.com), saya pengen punya tanggal khusus sebelum musim hujan untuk meliburkan semua aktivitas, agar semua rakyat kerja bakti.. Bagi yang kaya dan tidak mau kerja, ga masalah, asal depan rumahnya bersih termasuk selokannya. Selokan yang dangkal karena sampah, diperdalam. Nah, bagian pemda-nya menyediakan angkutan untuk membuang sampah dan mengolah sampah tersebut..

Kenapa saya gatel pengen kerja bakti serempak, ya karena merasa kerja bakti sepotong2 ga akan efektif.. Namanya air kan selalu nyari yang permukaannya rendah. Klu ga serempak, percuma saja.. Sama seperti klu mengendalikan hama secara PHT. Harus serentak. Mengendalikan tikus cuma sepetak lahan, mubasir lah ya.. harus semua wilayah sekalian..
Makanya saya liburin tuh rakyat saya.. hehe, la wong meliburkan karena pilkada bisa kok, apalagi untuk kerja bakti ini.. Ntar saya sebut hari kerja bakti. Setahun sekali. sebelum musim hujan..

Kenapa juga saya penasaran sama selokan. Karena selokan kita tuh jorok, dangkal, sampah ada dimana2. Terkadang air menggenang macet di selokan. Ih, jijik ngeliatnya. Dibandingin di luar negeri, eropa, mereka punya selokan di bawah tanah. Kan, mahal lah klu kita harus bikin seperti itu. Cukup perdalam selokan depan rumah anda, bersihkan.. dan jaga tetap bersih..

PR buat pemda, untuk mengkoordinir pengangkutan sampah. mengelola sampah. Sebenarnya mengelola sampah itu mudah, karena bisa didaurulang. Cuman masalahnya,  mau ga pemda ngerjain. Denger2 sih, pemda ogah karena bagi untung dengan si pendaur ulang kurang timbal baliknya.. hehe..  Yup, keuntungan bos si pemulung, si pendaur ulang lumayan gede lho..

Begitulah, khayalan saya di tengah malam degan hujan yang deras..
marii.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar