Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Senin, 05 November 2012

Belajar dari Si Anak Singkong, Chairul Tanjung : Kredit Bank

Sudah agak lama sih, saya baca buku ini. Baru sempet sekarang ngeblognya..
Saya baca buku ini dalam 2 periode.. gaya bangets ya, pake periode segala.Yup, sesuai dengan sempetnya saya baca dan kebetulan emang buku ini kayaknya ada 2 periode cerita.. Ini menurut saya lho, hehe dilarang protes.. Periode pertama. Waktu Chairul Tanjung (CT) masih muda dengan berbagai jenis usaha-nya yang naik turun. Dan periode kedua. Saat CT udah matang dengan mega usaha-nya..

Sebelumnya, saya udah dengar buku CT dari teman saya. Namun dalam status FB-nya, tanggapannya bernada negatif terhadap buku ini karena tidak diuraikan secara jelas bagaimana agar berbagai usahanya bisa menggurita begitu. Konon, karena kedekatannya dengan penguasa saat itu. Tapi, saya tetep penasaran aja pengen tau.. 

Karena terbawa oleh pengaruh teman saya tersebut, saya juga sedikit merespon negatif buku ini di periode pertama saya baca. Diceritakan karena supelnya CT, mudah bagi dia mendapatkan berbagai fasilitas. Tapi, klu dipikir2, ya emang harus supel plus mau kerja keras-lah, yang membuat CT bisa berjaya. Jadi menurut saya, ga usah pake acara dekat dengan pengusaha lah, semua orang yang supel dan pekerja keras, kecenderungan akan sukses lebih besar lah. Klu pun dengan sikap supel tersebut menyebabkan menjadi dekat dengan penguasa, itu hanya bonus saja.. Cuman harus hati2 aja dengan sifat supel ini, bisa menjurus ke KKN, korupsi, kolusi, dan nepotisme.. Apakah CT KKN? saya ga tau dan ga pengen tau, karena tujuan saya baca buku ini, ya karena pengen tau jalan pikiran CT menuju sukses..

Periode kedua, yang bercerita tentang bagaimana CT mengembangkan mega usahanya, bikin saya ngerasa kecil.. Bukan minder lho, ternyata apa yang sudah saya kerjakan, masih terlalu kecil untuk ber-entrepreneur.. Hehe, ya iyalah.. Dia udah sehebat gitu..

Banyak hal yang bisa dipelajari dari buku CT ini. Mungkin emang karena latar belakang yang miskin, sehingga takut miskin lagi menyebabkan CT benar2 pekerja keras. Dari bisnis properti, perbankan, retail, media dll. Berusaha menyeimbangkan duniawinya dengan sisi sosialnya.
Dari sekian kehebatannya (soalnya saya ga bisa niru sih), saya salut kenekatan dia merambah bisnis yang dia tidak pahami. Ga tau perbankan, malah take over bank bangkrut. Ga ngerti per-TV-an, nekat bikin TV. Memang sih, meski nekat tapi tetap berusaha belajar dunia baru dengan dibekengi pakar2 di bidangnya dan tetap pula merasakan kelimpungan di awal2 bisnis barunya.. Kayaknya, klu saya sih, kagak berani deh.. Ato mungkin klu udah jadi orang seperti dia, bikin bisnis baru memiliki sensasi tersendiri kali ya.. pengen dan pengen lagi.. siapa tau kelak saya seperti dia.. (Amin YRA)

Kembali ke laptop..
Dan, ada satu hal, buku ini sedikit merubah persepsi saya tentang kredit. Selama ini, saya meghindari kredit usaha dari bank. Bukan berarti saya ga punya kredit lho.. Tapi untuk kredit besar, saya belum berani. Takut, ga bisa bayar. Akhirnya, saya browsing deh ke mbah Google, pengen tau pengalaman orang2 yang berkredit besar untuk usaha plus menyimak diskusi pakar2 entreprenuer di forum2 wirausaha. Dari yang dikejar2 supaya bayar tagihan, jual rumah, gadai, sita rumah, masuk penjara dll. hmhm sweerem juga sih..
 
Tapi, Alhamdullillah, belajar dari pengalaman2 mereka, tentu kredit harus di-planning dengan baik. Satu hal yang bikin saya berani mulai ngajuin kredit usaha mikro, karena usaha saya sudah berjalan 3 tahun lebih dan Alhamdullilah, saya sudah paham resiko2 usaha saya..
So, doain ya.. mudah2n pengajuan kredit saya lancar.. Amin YRA
Jazakallah khairan katsiro atas doanya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar