Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Senin, 11 Maret 2013

Seminar dan Persiapannya

Alhamdullillah, kamis kemarin, sudah selesai seminar hasil. Well Done..
Senang karena satu tahap sudah terlewati, happy juga karena dapat nilai A, yang artinya lolos dapat IP 4.. Alhamdulillah.. Tinggal 2 tahap lagi menanti, ujian tertutup dan ujian terbuka.. Tetap harus pake gas polll, abis ternyata kemarin mo seminar aja harus nunggu hampir 2 bulan. Nunggu koreksi dari 3 dosen yang sibuk semua, nunggu jadwal seminar.. Huff.. Semangattt

Sebenarnya saya udah bosen nyiapan seminar kemarin, abis saya udah siap tapi jadwal seminar belum dapat2.. So, saya malah nyantai aja menjelang seminar. Malah jalan2 ke Sukabumi, ke Pangalengan, ke Jakarta.. hehe. Mo ngerjain disertasi, malah tanggung, pecah konsentrasi.. *ngeles*

Persiapan seminar saya?
#1#Bahan seminar saya bagiin ke teman2, minta komentar mereka. Ternyata, kebanyakan, mereka awam soal aeroponik dan uji analisis statistiknya, kontras ortogonal. So, tadinya sistem aeroponik hanya akan saya bahas sekilas, jadi saya kasih porsi lebih. Sementara tentang uji kontras ortogonal, saya siapin tambahan slide tentang uji kontras ortogonal..
Plus Alhamdullilah, sehari sebelum seminar, ada teman yang tanya2 tentang uji kontras orotogonal untuk penelitiannya, hehe.. Alhamdullilah, serasa udah dites duluan.. memperlancar bila nanti ada yang nanya di seminar saya, *tapi ternyata engga tuh*
Trik, siapin juga slide tambahan untuk jaga2 menjawab diluar slide yang wajib. Insya Allah kepake deh..

#2#Saya paksa juga teman2 lihat power point saya.. Hehe.. Abis, dari 3 dosen saya, hanya 1 dosen yang mau lihat power point saya.. Entah karena menganggap saya udah bisa, percaya ama saya, ato dosen saya males ngoreksi punya saya ya.. Tauk deh.. Sebenarnya, saya sedikit ngiri dengan teman2 saya. Setiap mo presentasi, mereka suka diminta presentasi dulu di depan dosen mereka. Kok saya engga ya.. Hmhm..

#3# Salah satu kunci biar dapat nilai A adalah perhatikan kriteria dosen moderator seminar dan pilih yang baguer, baik. Kebetulan dosen seminar saya terkenal baik dan ga pelit nilai.. Hehe, jadi aman dah. Kebetulan si bapak ini punya jadwal khusus setiap hari kamis, minggu pertama dan kedua.. Beliau ini sangat perhatian soal aturan penulisan makalah dan tidak ikut2an soal isi makalah. So, saya patuhi saja.. Gampang too?

#4# Belajar presentasi. Ini mah wajib.. agar kita bicaranya lancar. Mana slide yang kita bahas singkat, atau malah panjang lebar. Hitung waktu presentasi, jangan lebih dari waktu yang disediakan. Waktu sekitar 20 menit, saya buat 5 menit pendahuluan dan metode, 15 menit hasil dan pembahasan.. 
Saking hafalnya dengan slide seminar saya yang berjumlah 50an slide, saat seminar saya ga usah baca slide lagi saat presentasi. Akibatnya, cukup dengan melihat slide sekilas, saya bisa ngomong bebas berimprovisasi, tanpa baca, sehingga saya bisa keep kontak dengan audiens dan tidak membelakangi audiens..
Saya punya pengalaman buruk soal meremehkan belajar presentasi sebelum tampil.. Padahal, presentasi bahasa Inggris di depan para bule lagi.. Huff.. Malu rasanya. Akhirnya, saya kapok deh..

#5# Soal konsumsi dan materi seminar, mending pasrahkan kepada teman2. Alhamdullilah, teman-teman saya banyak membantu.. Saya hanya bisa mendoakan mereka, diberi balasan terbaik dari Allah SWT, kalau balasan dari saya sih, saya traktir aja ya... hehe, belum semuanya dink..
 *masih utang budi nih, segera dibayar*

#6# klu udah siap, tinggal berdoa. Minta restu ortu..

#7# Ternyata, oh ternyata.. Pas mo presentasi, tetap aja deg-degan. Bukan karena takut presentasinya, tapi kuatir sama nilai.. Hehe..
Dengan ikutan masuk kelas seminar sebelum saya, cukup untuk menguasai medan pertempuran *lebay*  Ngukur kemampuan saya, ngukur moodnya dosen moderator..
Tadinya agak down melihat seminar sebelum saya pake English, padahal anak S2. Waduh, bisa ngejegleg nih saya.. Hehe, Alhamdullilah, ternyata, gara2 memang presentasinya banyak istilah English, presentasinya juga tetap in bahasa Indo, juga presentasinya juga standart aja.. 

#8# Kelemahan saya, childish.. Saat seminar resmi, sifat childish ini harus dibuang jauh. Sok tenang, berwibawa gitu.. Ini mah hasil koreksi waktu saya kolokium dulu.. Maklum, masa calon doktor cengengesan gitu.. hehe..

Dan, Alhamdullilah, selain dapat nilai A, dosen2 saya mengapresiasi saya..
Salah satu dosen saya yang agak hemat mengapresiasi bilang, "ini teknologi aplikasi yang benar2 bermanfaat, tidak hanya sekedar penelitian, tetapi telah berhasil membuatnya menjadi pengusaha benih..." *horeee, makasih pak, ini apresiasi kedua dari bapak*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar