Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Senin, 11 Maret 2013

Simbiosis Mutualisme

Minggu lalu, saya ke Sukabumi.. Lagi, menjajagi kerjasama dengan salah satu teman. Sebut saja Pak Budi, keturunan China. Ada yang menarik perjalanan kali ini, bukan soal pak Budi-nya, tetapi asistennya, sebut saja Ani.. Berulangkali, Pak Budi menyebut2 nama Ani. Kayak apa sih, si Ani ini..

Ketemu pertama, heran juga, ternyata si Ani, anak Betawi, yang diberi tanggung jawab usaha pertanian pak Budi ini biasa2 saja. Tapi, yes, dia emang ramah. Lama2 kelihatan juga rajinnya.. Yah, lumrah lah, anak muda sekarang rajin..

Saya mulai salut dengan si Anak muda ini, saat dia bercerita, waktu ke Lembang, ikut pelatihan pertaniann di suatu Balai. Dia menghilang, dan dicari teman2nya, bahkan sampai pak Budi ini dibel karena si Ani menghilang saat istirahat.
Ternyata, saat istirahat, si Ani jalan2 sendiri melihat, muterin pertanian yang ada di Lembang. Belajar bertanam strawberi. Dan di Sukabumi, dia telah berhasil nanam strawberi..

Hehe.. Kayaknya, saya baru dengar, ada peserta pelatihan menghilang karena kabur lihat2 pertanian di sekitarnya, diluar jadwal pelatihan dan berhasil menerapkannya. Kalau si anak ini berpendidikan dan laki2 sih, masih wajar. Dia anak perempuan, masih muda, sekolah juga cuman SMA.. Hehe, masih ada ya anak muda perempuan yang suka pertanian.. kirain cuman main ke Mall aje..

Beruntungnya anak ini, si Pak Budi ga paham pertanian. Jadi Pak Budi membebaskan si Ani untuk mengembangkan jiwa pertaniannya.. Terlihatlah simbiosis mutualismennya..
Karena penasaran, saya nanya berapa dikasih gaji pak Budi. Wow, ternyata bagi hasil. Pantesan.. Ternyata mereka memang saling membutuhkan..

Lama2, terlihat juga jiwa kritisnya.. Mungkin karena dia tahu saya peneliti pertanian, jadi deh dia banyak nanya2 saya.. Bagus nih anak..


Jadi teringat pengalaman dulu..
Saya pernah punya bos yang membebaskan saya berkreasi. Dulu agak dongkol karena harus mikir sendiri, Alhamdullillah, sekarang bersyukur, disitulah saya banyak belajar dan dibiayai.. hehe
Inget juga, kalau ikut pelatihan dimana2, selalu menyempatkan diri untuk kabur.. Hehe, entah kabur mo shopping ato urusan lain. Kabur saat pelatihan yang paling seru adalah saat pelatihan organik di Swedia, tapi kabur ke Norwegia saat libur...

Pointnya, terkadang memang perlu jiwa nekat dan berani untuk berfikit Out of the box...
Nah, biasanya orang2 begini suka berfikir maju, jauhi zona nyaman, friends..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar