Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Minggu, 17 Maret 2013

Target dan Tanpa Saya : KMB 1

Jumat kemarin, ikutan pertemuan perdana Kelompok Mentoring Bisnis (KMB) dari komunitas Tangan Di Atas (TDA). Hmhm.. Alhamdullilah, bisa ikutan. Emang dari dulu penasaran pengen ikut, pengen tahu, gimana sih bisnis yang bener. Hehe, maklum, selama ini masih sekedar insting doang. Mo ikut, kuliah bisnis beneran, hehe, ga mungkinlah.. *mahal plus ga sempet lagi deh* Padahal, kesempatan ini gratis lho *asal memenuhi syarat tertentu* and of course, sudah jadi anggota TDA donk..

Dua hal yang berkesan bagi saya..
#1# Pasang target setinggi-tingginya..
Rasa2nya dah biasa deh denger kalimat ini. But, pas denger contoh kasusnya, terasa mengena sekali tanpa saya sadari..
Suatu survei untuk mengetahui kemampuan seseorang mewawancarai konsumen. Kelompok A memasang target 10 orang, sedangkan kelompok B memasang target 20 orang. Ternyata, kelompok A berhasil memenuhi target 10 orang, sedangkan kelompok B gagal memenuhi targetnya karena hanya mampu memenuhi target 17 orang. Wow.. Kalau melihat gagal atau suksesnya memenuhi target, pastilah kelompok A yang terbaik, but kalau dilihat dari jumlah konsumen yang berhasil diwawancarai? Jadi pasang target yang tinggi akan memacu kita untuk bekerja keras lebih keras lagi.. Sepakat donk..

Dalam keseharian, tanpa sadar, saya juga sering masang target dalam hidup saya. Yang sederhana saja, apa yang harus saya kerjakan besok hari, rencana kapan saya lulus, atau yang lebih absurb tentang impian2 saya..
Dulu, waktu kuliah, karena banyaknya tugas kuliah, ujian, seminar, dll, saya jadwalkan harian, mingguan dalam suatu kalender. Rencana saya kapan saya seminar, ujian, juga sudah saya rancang, tentu dirancang secepat mungkin, dan hehe.. banyak yang meleset.. Ga papalah, paling tidak ada beban tersendiri agar melesetnya tidak terlalu jauh..

Bicara soal target bisnis, tentu berbeda dengan rencana kelulusan saya.. Apa yang akan dicapai setahun ke depan dan kemudian di-breakdown per bulan, per musim.. Agar realistis, bikin perhitungan yang jelas menuju target kita..
Bila ingin produksi 0,5 juta knol G0, mo intensifikasi atau ekstensifikasi? Kalau intensifikasi, dengan teknologi apa? Kalau ekstensifikasi, modal darimana... hehe

Tempelin tuh strategic planning-nya di kamar, biar dipantengin terus, biar semangat... *Untung deh ikutan KMB* Alhamdullillah..


 #2# Bisnis adalah usaha, proses untuk mendapatkan profit (yang belum tentu materi) TANPA MELIBATKAN SAYA.. Yang huruf kapital ini, khusus yang sudah ideal.
Nah, kalau kita sebagai owner masih sibuk ngurus sana sini, belum ideal, dan ini banyak dialami UKM.. Jadi penasaran, gimana ya trik agar bisnis bisa jalan tanpa cape ngurus sendiri.. *dilanjut episode KMB bulan depan*
Cita-cita sih, pengennya begitu. Pengen punya banyak usaha, holding company, di bidang agribisnis.. Tanpa melibatkan saya, cukup ngawasin aja.. Insya Allah, mudah2n terwujud.. Amiiin YRA.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar