Topik Judul

Cari Blog Ini

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)

Jual benih kentang bersertifikat G0 aeroponik dan turunannya (G1, G2)
Lebih sehat, produksi dan kualitas lebih tinggi.. Minat??

Pemesanan Benih Kentang :

Hubungi http://jayamandirifarm.blogspot.com/
atau phone/whatsApp/Line/WeChat/Viber
+62 812 1919 2065
0812 1919 2065

email : vansekar@yahoo.co.id

LAYANAN KONSUMEN JM FARM :

Free/Gratis Khusus Konsumen :
- Panduan budidaya perbenihan kentang
- Konsultasi teknologi perbenihan kentang
,
Diskon Khusus Konsumen : Pembelian diatas jumlah minimum

Sabtu, 01 Maret 2014

Asyiknya Meneliti

Setelah lulus S3, saya sempat berkeinginan pindah institusi yang lebih memungkinkan saya menyalurkan jiwa curiosity saya tentang penelitian. Sayang, tidak diperbolehkan oleh bos besar karena ada harapan lain terhadap saya. Sempet sedih. Sekilas sepertinya saya egois, karena lebih mementingkan passion saya terhadap penelitian, daripada memajukan institusi saya.. Padahal saya merasa, seandainya saya diijinkan fokus terhadap penelitian, Insya Allah, akan banyak bermanfaat bagi dunia pertanian. Sebagai peneliti merangkap petani, rasa2nya penelitian saya tidak akan hanya sekedar mencari kredit fungsional saja atau buat mempertebal buku2 pertanian kok, tapi bener2 masalah yang dihadapi petani..
Ya sudahlah kalau begitu.. Let it flow..

Sudah 2 bulan ini, saya happy sibuk menikmati pengamatan penelitian mandiri saya.. Mungkin blessing in the sky lah.. Mulai tahun ini, perjalanan dinas Kementerian kami dibatasi. Horeee.. mungkin saya termasuk orang yang diam2 bersyukur dengan kebijakan ini. Saya ga perlu sering2 ke luar kota, ke daerah2 untuk desiminasi teknologi ke petani, penyuluh atau membangun kerjasama pertanian dg pemda lagi. Sebenarnya sih, ga tega juga sama stakeholder kami, tapi rasa2nya kebijakan baru ini bisa jadi alasan pembenaran deh, buat ngendon di kantor aja.. hehe.. apa boleh buat..

Dan akhirnya, banyak penelitian mandiri saya buat, yup penelitian tanpa dana negara. Ga masalah bagi saya, toh nanti manfaatnya juga buat saya, dan mudah2n buat dunia pertanian.. tunggu jurnal2 penelitian saya ya, but tentu dg real name dong.. hehe..

Di sela2 jam istirahat kantor, saya bisa ngecek ke kebun atau setelah jam kantor, bisa ngamatin dulu tanaman.. Nah, hari libur sabtu dan minggu, bisa untuk ngasih perlakuan, tanam, ato panen.. Terkadang, pengamatan sampel saya angkut ke kantor untuk diamatin..
Kalau dulu? Wah, cuman bisa di hari libur doang, itu juga cuman bentar, karena saya juga perlu refreshing lain, biar ga stress dg beban kerja di kantor.. yup 3 bulan terakhir tahun lalu, sejak saya masuk kerja, seperti ga bisa tarik nafas karena saking banyaknya kerjaan.
Nyobain berbagai formulasi nutrisi hidroponik


Hmhm.. happynya menikmati meneliti. Seperti sabtu ini, akhirnya saya bisa membuktikan hipotesa saya, komposisii media terbaik untuk G1. Sayangnya, saya harus gigit jari dg suatu perlakuan di aeroponik G0 akibat kepedean saya. Padahal, secara teori masuk akal, tapi kok ga berhasil ya. Hmhm.. jadi PR saya deh.. Siapa tau malah bisa jadi teori baru.. toh Albert Einstein juga ribuan kali gagal kok..
Semangat ye..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar